Thursday 10 November 2016

Truk Ringan dari India Menyapa Pasar Indonesia

PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) meluncurkan varian barunya Light Truck Tata Ultra 1012 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016.

Truk Ringan dari India Menyapa Pasar Indonesia

Sebelum diluncurkan, varian ini telah memakan waktu satu tahun percobaan di berbagai kondisi medan jalan.

"Sebagai pembuat truk dan bus 10 besar dunia, Tata Motors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multi guna," ungkap Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta.

Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar empat sampai tujuh ton, dengan dimensi lebar bak 2,2 meter, dengan pilihan panjang empat sampai 6 meter.

Truk ini dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton, dengan transmisi G-550 dengan enam gigi overdrive (OD).

Bagian dalam menitikberatkan pada kenyamanan dan keselamatan. Keunikan pada varian ini terletak pada kokpit yang fungsional dan menarik.

Varian ini dibekali pula oleh tilt and telescopic callapsible steering yang bisa menambah kenyamanan posisi pengendara dan mengoptimalkan stabilisasi saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Dan untuk suspensi dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf di bagian belakang dan keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing.

Kapasitas yang dimiliki varian ini adalah tiga buah kursi dengan konfigurasi berjajar 1 sopir dan 2 penumpang.

Untuk keamanan varian ini menggunakan full air brake dan ban radial tubeless. Selain itu varian ini juga menyajikan neutral switch l, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Chasiss yang digunakan adalah teknologi Rolled Frame dengan material high tensile.

No comments:

Post a Comment