Friday 14 October 2016

Bentrok Spesifikasi Aerox 125LC dan Vario 125 eSP

Walau sesungguhnya tak berkompetisi dengan cara segera, Yamaha Aerox 125LC dapat dihadapkan dengan Honda Vario 125 eSP, terlebih dari segi performa mesin. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bahkan juga mengaku, jenis baru berdesain unik itu telah diuji internal melawan pesaing. Namun, KompasOtomotif tetaplah bakal membandingkannya dengan cara fair diluar klaim, bagaimana performa ke-2 sepeda motor itu diatas kertas. Perbandingan tidak dari hasil tes, namun lihat data tehnis resmi yang di keluarkan Yamaha serta Honda.  Honda Vario 125 eSP



Yamaha membekali Aerox 125LC dengan mesin type SOHC 4-tak 125 cc. Tenaga yang dibuat 8, 4 kW (11, 2 tk) @9. 000 rpm. Lantas, torsi 10, 4 Nm pada putaran mesin 6. 500 rpm. Sesaat Vario 125 eSP bermesin 125 cc 4-tak SOHC, bertenaga 8, 3 kW (11, 1 tk) @8. 500 rpm, serta torsi 10, 8 Nm @5. 500 rpm. Dari angka itu, telah dapat diliat, bila semestinya, tenaga serta torsi Vario 125 eSP lebih cepat didapat daripada Aerox 125LC. Tenaga, sedikit semakin besar Aerox, tetapi Vario lebih miliki torsi. Berarti, bila ”narik” tanpa ada beban, Vario diatas kertas lebih menyalak. Spesifikasi Honda Vario 125 eSP

Masalahnya, bobot enteng keduanya cukup timpang. Konstruksi aerodinamis serta sederhana Aerox 125 LC bikin bobotnya lebih enteng 7 kg daripada Vario 125 eSP. Alhasil, performa tarikan semestinya serupa atau lain tidak tebal, terlebih di putaran bawah-menengah. Akumulasi bobot juga bikin gerakan Aerox diatas kertas lebih lincah, di dukung ban depan yang kecil. Tetapi untuk ingindaraan jarak jauh serta perlu stabilitas, Vario 125 eSP di pastikan lebih mantap.

Calon “motor nasional”, Gesits, selalu tunjukkan perubahan serius. Proyek kendaraan roda dua berpenggarak listrik, hasil hubungan kerja Garansindo serta Institut Tehnologi Sepuluh Nopember (ITS) kesempatan ini berhasil melalui uji performa lewat alat tes dyno. Walau pernah dicibir oleh organisasi yang menaungi industri kendaraan roda dua, Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), tak mematahkan semangat Gesits untuk mungkin saja motor ramah lingkungan, hasil oleh-oleh anak negeri.




No comments:

Post a Comment